Rabu, 19 Desember 2012

Pengalaman Menjadi Seorang JOBSEEKER :)

Oktober 2012 merupakan akhir perjalananku sebagai seorang mahasiswa strata satu jurusan biologi di Universitas Negeri Malang. Bulan itu aku diwisuda dengan gelar sebagai Sarjana Sains (S.Si). Bangga, terharu, bahagiaaa, dan tentu saja sedih. Semua perasaan bercampur aduk di dalam dada. Well, yang harus aku ingat bahwa tentu suja ini bukanlah sebuah akhir, melainkan sebuah awal menuju tingkat yang lebih tinggi. Kehidupan yang sebenarnya!

Niatku setelah lulus kuliah tentu saja BEKERJA. Sama seperti sarjana2 yang lain, kegiatanku setelah lulus kuliah mulai disibukkan dengan meng"apply" lamaran2 yang aku tujuakn ke perusahaan2 besar dan ternama di Indonesia. Setiap hari aku rajin membuka laptop untuk mengirim lamaran2 kerja beserta CV yang telah aku buat. Aku tak kenal lelah dan putus asa. Semua aku lalui dengan harapan agar aku segera mendapat pekerjaan.

Beberapa jobfair yang ada di kotaku dan di luar kota pun mulai aku datangi. Aku menyerahkan berkas lamaranku pada banyak perusahaan. Tidak terbatas hanya pada perusahaan yang membutuhkan kualifikasi dari jurusanku saja, tapi juga perusahaan yang membutuhkan kualifikasi dari segala macam jurusan. Berkat perjuanganku mengikuti beberapa jobfair, aku mulai dapat panggilan interview maupun psikotest dari beberapa perusahaan di bawah ini.


1. PT. Paragon Technology and Innovation (Wardah Cosmetics)
Ini adalah panggilan yang aku terima pertama kali dalam sejarahku sebagai seorang jobseeker. Tes pertama yang aku lalui adalah psikotes. Soal yang diberikan berjumlah 55 nomor. Soal ini sangaaat sangat gampang menurutku. Awalnya aku yakin akan lolos. Namun, soal selanjutnya yang diberikan adalah tes Pauli. Ini adalah pengalaman pertamaku mengerjakan tes Pauli. Tes Pauli sangat membutuhkan kecepatan, mungkin karena ini adalah pengalaman pertama, aku merasa gagal di tes ini. Firasatku pun terjawab. Aku tidak mendapat panggilan tes berikutnya. Semenjak itu, aku bertekad untuk terus berlatih tes Pauli di rumah. Aku ingin membuktikan bahwa kau bisa dengan sangat cepat mengerjakan tes Pauli!

2. PT. Gudang Garam Tbk.

Tes pertama yang aku lalui adalah tes mengenai logika teknik. Soal yang diberikan berjumlah 25 nomer dalam bahasa inggris. Soal tersebut sebagian besar meliputi materi fisika dasar. Lima hari kemudian aku mendapat sms yang berisi panggilan interview di Surabaya. Tentu saja ini interview pertamaku, dan sukses membuatku GUGUP! Pertanyaan yang diberikan seputar motivasi, prestasi, hambatan, latar belakang keluarga, dan sedikit praktek sebagai seorang Quality Control (QC) Trainer. Namun sayang, beberapa hari setelah interview aku tidak mendapat kabar. Sudah bisa dipastikan bahwa aku tidak lolos di tahap interview. Kecewa, namun aku harus tetap semangat :)

3. AXA Mandiri
Sayang sekali aku tidak bisa memenuhi panggilan tes interview dari AXA karena tes interview dilangsungkan di Surabaya. Sehari sebelumnya aku mengikuti jobfair yang diadakan di Gramedia Expo Surabaya. Malam harinya ketika aku dalam perjalanan pulang menuju Malang, aku mendapat sms dari AXA untuk hadir pada tes interview di Surabaya besok. Badanku sungguh terasa capek, aku pun terpakasa memutuskan untuk tidak memenuhi panggilan tersebut. Mudah2an masih ada kesempatan di lain waktu.

4. SURYA GROUP
Sebelumnya aku kurang tau ini perusahaan apa. Setelah aku baca dari web, Surya Group ini adalah gabungan dari beberapa anak perusahaan yang bergerak di berbagai bidang. Proses interview pun aku ikuti dan aku dinyatakan lolos. Setelah interview, aku mengikuti tes psikotes, dan hasilnya ternyata aku lolos ke tahap interview dengan Vice President dan sekali lagi alhamdulillah aku lolos. Agak sedikit mengganjal memang karena ternyata aku diposisikan di MARKETING, dan dipekerjakan di anak perusahaan yang bergerak di bidang investasi emas non fisik (padahal aku melamar untuk program Manajemen Trainee). Apa salahnya jika dicoba, akupun akhirnya resmi bekerja di PT. First State Investment dan mengikuti training selama dua minggu.

5. PT. Ferron Par Pharmaceutical
Perusahaan ini terletak sangat jauh dari kotaku, yaitu di Cikarang. Aku melamar online via jobstreet dan aku mendapat panggilan dari telepon. Awalnya aku senang sekali karena memang kualifiaksi yang dibutuhkan sangat sesuai dengan bidang yang aku ambil, yaitu sebagai analis mikrobiologi. Namun, pada akhirnya aku tidak diperbolehkan oleh mamaku untuk mengikuti proses interview di perusahaan ini karena memang lokasinya yang sangat jauh. Sekali lagi, aku membuang kesempatan emas :(

6. PT. Matahari Dept. Store Tbk.
Aku melamar pada posisi Store Supervisor. Proses interview dilaksanakan di kota Surabaya. Tidak begitu banyak pertanyaan yang diajukan hingga akhirnya beberapa hari kemudian aku mendapat panggilan dari telepon bahwa aku dinyatakan lolos tahap interview dan berhak mengikuti tes psikotes. Satu minggu kemudian aku kembali ke Matahari Tunjungan Plaza Surabaya untuk mengikuti tes psikotes. Alhamdulillah tidak ada hambatan, semua lancar termasuk tes Pauli yang kali ini aku benar2 sangat cepat mengerjakannya. Dalam waktu satu jam aku berhasil menyelesaikan satu lembar kertas sebesar koran bolak-balik penuh, dan aku minta tambah kertas lagi sampai kurang lebih setengah halaman bisa aku kerjakan. Jika aku lolos dalam tes psikotes ini, aku bisa lanjut ke tahapan medical check up. So, skrg aku masih menunggu pengumuman hasil tes psikotes tersebut :)

7. PT. Karyadibya Mahardika
Yang aku tau ini adalah pabrik rokok. Banyak yang bilang perusahaan ini merupakan anak perusahaan dari Gudang Garam. Aku melamar di posisi admin. Aku mendapat panggilan seleksi interview melalui telepon. Namun, karen ada suatu halangan, aku memutuskan untuk tidak menghadiri seleksi tersebut. Kali ini aku benar2 ikhlas melepasnya.

8. BCA
Siapa yang tidak mengenal bank ini? BCA merupakan bank swasta terbesar di Indonesia. Suatu kebanggaan karena aku mendapat panggilan seleksi psikotes di BCA. Bertempat di BCA Basuki Rachmat Malang, aku melaksanakan tes psikotes. Tes psikotes tahap satu aku dinyatakan lolos. Dari sekitar 100 orang yang mengikutinya, hanya diambil sekitar 20 orang saja untuk lanjut ke seleksi psikotes tahap dua. Psikotes tahap dua pun aku dinyatakan lolos dan diundang untuk interview lima hari kemudian setelah tes psikotes tahap dua. Interview aku lalui, dan aku mendapatkan surat pengantar untuk medical check up di Laboratorium Pattimura. Tinggal menunggu hasil saja, daaaan "move to BCA immediately". Itu harapanku.

9. ACE Hardware
Huuffttt, sekali lagi karena pemberitahuan yang mendadak serta lokasi tes yang jauh, yaitu di Jakarta, akhirnya aku memutuskan untuk tidak menghadiri seleksi interview dan psikotes dari ACE Hardware :(

Syukur alhamdulillah karena aku diberi kesempatan yang banyak sekali untuk memilih tempat mana yang terbaik. Untuk saat ini, aku berharap pada BCA, semoga bisa membawaku ke masa depan yang lebih cerah. Amiiiin :)

Bagi kalian yang masih JOBSEEKER, saranku adalah bersikaplah realistis. Mencari pekerjaan jaman sekarang SANGAT SUSAH! Jumlah sarjana dari tahun ke tahun semakin banyak. Jika kalian hanya mengharapkan kerja yang sesuai bidang/jurusan yang kalian ambil, kalian akan kehilangan banyak sekali kesempatan. Bersyukurlah, karena perusahaan2 sekarang ini banyak yang mengembangkan program Manajemen Trainee, yang memberi kesempatan bagi lulusan sarjan dari segala jurusan untuk bergabung dengan perusahaannya. Selama ada niat, kemauan, dan usaha, tidak ada yang tidak bisa dipelajari. Itu kuncinya :)

Semoga bermanfaat yaaa....

9 komentar:

  1. Akhirnya,sekarang kerja dimana?

    BalasHapus
  2. sungguh berpengalaman mbak ini

    BalasHapus
  3. awalnya secara tak sengaja membaca blog ini, menariknya pengalamannya mirip dgn pengalaman ku, yang menariknya lgi ad beberapa perusahaan yang sama seperti yang kamu lamar begitupun pengalamannya

    thanks for share., ditunggu tulisan2 lainnya :)

    BalasHapus
  4. makasih udah berbagi pengalaman mas

    BalasHapus
  5. kemarin saya juga habis tes psikotes BCA tapi gagal,kira2 saya gagal kenapa ya?atau di tes paulinya,hemm..kasih tau dong tips menghadapi psikotes buat jobseeker :)

    BalasHapus
  6. Kerja keras tidak akan pernah mengkhianati kita :)

    BalasHapus
  7. Mbak aku mau tanya dari 20 orang yang lolos psikotest BCA yang ketrima kerja berapa orang???

    BalasHapus
  8. Mbak aku mau tanya dari 20 orang yang lolos psikotest BCA yang ketrima kerja berapa orang???

    BalasHapus