Kamis, 02 Agustus 2012

TIPS supaya Sidang Skripsi Kalian Lancar... :)

Sidang skripsi itu bagi sebagian besar mahasiswa dianggap dunia mau KIAMAT!!!
Perasaan rasanya campur aduk, deg2an, badan rasanya panas dingin, pikiran kemana2, ga konsen.

Itu juga yang aku rasakan!!!

Sehari sebelum ujian aku sampai harus membatalkan puasa karena aku tiba2 sakit. Hari2 sebelumnya aku ga merasakan sesuatu yang aneh. Semua baik2 saja dan lacar. Tapi, sehari pas sebelum sidang, aku sakit :(

Badan rasanya lemes, meriang, parahnya disertai diare!! Paginya, aku sempat sahur dan niat puasa karena memang enggak terjadi apa2. Nah, sehabis sahur itu, perutku muleees, aku ke WC berkali2, aku kena diare. Pikiran langsung STREESSS gilak, besoknya mau sidang skripsi padahal!!!


Semakin siang badan semakin lemes, meriang. Sampai akhirnya sore jam 15.30 aku terpaksa makan dan minum obat karena diareku ga mau berhenti. Yaaah, sayang puasanya batal. Tapi mau gimana lagi. Puasa batal masih bisa diganti di hari lain, nah sidang skripsi????

AKU GA PENGEN NGULANG DONG!!

Harus sekali sidang, lancar, dan lulus, tanpa ngulang2 lagi. Ini momen penting sepanjang hidupku (ahh, lebay biariiin). Pacar yang ngrawat aku, beliin makanan, beliin obat, trus nyuruh aku istirahat. Ga boleh buka2 laptop, ga boleh belajar dulu, ga boleh liat tivi. Pokoknya TIDUR!!!

Malemnya, badan berasa udah enakan, udah mulai bisa konsentrasi, udah tenang, udah ga lemes, diare udah mampet. Alhamdulillah, seneeeeeng bgt. Artinya aku besok bisa ikut ujian.

Well, sidang skripsi itu bisa kita lewati dengan lancar tanpa harus merasakan perasaan di atas. Disini ada beberapa tips buat kalian yang sudah mendekati masa2 sidang skripsi. Cuuuusss, ini dia:

1. Ga usah dibawa stress
Stress yang kebangetan malah menyiksa diri kita sendiri. Pikiran jadi gelisah, ga tenang dan akhirnya kita ga bisa mempersiapkan ujian/sidang dengan sebaik-baiknya. Dibawa santai dan enjoy saja! Refreshing juga perlu, sidang bukan berarti kita harus berkutat dengan skripsi melulu. Pergi nonton, makan, jalan2 dengan teman bisa jadi solusi untuk mengusir stress :)

2. Belajar seperlunya

Yaap, ga perlu belajar ngoyo, yang penting kita paham dengan konsep, kita memegang konsep skripsi kita. Belajar juga ga harus setiap hari. Usahakan belajar di waktu pagi (abis subuh), karena otak kita masih fresh, insyaALLAH yang kita pelajari akan dapat dengan mudah kita pahami.

3. Bikin catetan/rangkuman
Ini perlu, supaya kita lebih mudah mempelajari materi skripsi kita. Catetan/rangkuman usahakan ditulis dengan menggunakan tinta warna-warni. Menurut pengalaman pribadi, bikin catetan dalam bentuk mind map dengan tulisan warna-warni membuat kita tertarik membaca dan lebih mudah untuk diingat.

4. Share dengan teman
Share dengan teman bisa kita lakukan, misalnya latihan presentasi di depan mereka. Kita minta teman kita agar memberi masukan atau saran guna perbaikan presentasi kita. Kita juga bisa latihan tanya jawab dengan mereka, seolah-olah mereka (teman kita) adalah dosen penguji dan pembimbing, sehingga kita bisa mengira2 hal apa yang mengundang pertanyaan dosen penguji atau pembimbing dari presentasi kita.
Kita juga bisa meminta mereka untuk mencatat waktu presentasi kita agar presentasi kita singkat, namun jelas.

5. Latihan percaya diri
Bagi yang sudah terbiasa ngomong di depan banyak orang mungkin tidak perlu lagi latihan di depan kaca. Tapi, bagi yang pemalu dan suka minder?? Percaya diri itu penting ketka kita berhadapan dengan situasi seperti ini. Untuk yang pemalu, belajar ngomong di depan kaca, atau latihan presentasi dengan teman2 bisa menumbuhkan rasa percaya diri kita.

6. DOA
Kalo kelima hal sudah kita lakukan, at last but not least dan sangat2 penting adalah DOA. Semaksimal apapun usaha kita tanpa disertai doa tidak akan ada artinya. Dengan DOA, hati lebih tenang, pikiran lebih tenang, dan insyaALLAH ALLAH akan meridhoi usaha kita.

Sekian tips dari saya, semoga bermanfaat...



SELAMAT MENYONGSONG MASA SIDANG SKRIPSI, MASA TERINDAH DALAM HIDUP :)

2 komentar: