Rabu, 27 Juni 2012

PIMNAS, Just Give Me One Chance for The First and The Last Time!!! I'm Begging 。・゚゚・(>д<)・゚゚・。

Penelitian PKM ku sudah masuk babak akhir. Hanya tinggal membuat laporan. Konsultasi. Poster. Tampilan powerponit. Artikel Ilmiah. Monev eksternal. Then finish!!! Yeiii....

Sudah barang tentu siapa saja yang mengikuti PKM berharap agar lolos seleksi menuju ajang PIMNAS, seperti yang ada di postingan sebelumnya. Begitu juga dengan kami, kami berharap agar kami (yang sedang dalam masa perkuliahan akhir) setidaknya pernah mengikuti ajang PIMNAS meskipun ini kesempatan pertama dan terakhir. Kami berusaha semaksimal kami!

Penelitian kami selesai, ini berarti kami harus segera menyelesaikan tugas selanjutnya, mengerjakan analisis data dan pembahasan. Dari hasil pembahasan, diketahui bahwa data penelitian kami memiliki pengaruh yang signifikan. Kami sangat girang. Artinya, penelitian kami ada hasilnya, tidak sia2!!

Laporan selesai, tiba saatnya kami fokus mempersiapkan tampilan powerpoint untuk kegiatan monitoring dan evaluasi dari Dirjen Dikti. Poster pun juga kami buat semaksimal mungkin. Teman2 bisa lihat di bawah ini poster PKM penelitian kami. 



Ini poster awal PKM kami 



Ini poster kedua setelah kami revisi background dan tatanannya 


Monitoring eksternal sudah kami lewati dengan baik. Kami berusaha menjelaskan maksud dan tujuan dari penelitian kami ini kepada ibu pemonitoring. Tidak ada masalah dan berjalan lancar. 

Kurang lebih sebulan sudah kami menanti pengumuman itu. Harap2 cemas sudah pasti. Suatu malam temanku memberitahu aku kalau pacarnya yang juga ikut PKM sudah dinyatakan lolos PIMNAS. Semakin penasaran aku dibuatnya. Kemudian saat itu juga aku membuka Grup Forum PKM UM melalui akun FBku. Ternyata beberapa mahasiswa sudah mempostingkan link yang berisi pengumuman siapa2 saja yang berhak lolos PIMNAS. Daaaaan, aku kecewa sangat, galau, bukan hanya karena aku tidak lolos PIMNAS, tapi aku lebih kecewa lagi karena kampusku (UM) hanya berhasil mengirimkan tiga kelompok PKMT saja! PKMP? PKMM? PKMK? Noo, semuanya tidak ada yang tersangkut sama sekali. Miris! Dari 100 judul hanya ada tiga kelompok yang lolos PIMNAS. Mengapa bisa beginii???? 

Teringat postinganku sebelum ini, mungkin saja benar bahwa beberapa mahasiswa yang mengikuti PKM ini hanya asal2an. Mereka tidak serius. Mereka hanya tertarik karena iming2 dana penelitian yang besar.Setelah proposal berhasil didanai, mereka mengerjakan penelitiannya secara asal2an sehingga hasilnya tidak maksimal. Sangat disayangkan memang pola pikir yang seperti ini. 

Tidak dipungkiri bahwa mahasiswa yang sebagian besar adalah anak kos memang sering bermasalah dengan keuangan. Biaya kos yang tinggi, biaya untuk keperluan kuliah, biaya untuk makan tidak jarang yang mengeluh kekurangan. Disinilah mahasiswa dituntut untuk berpikir kreatif bagaimana caranya mereka bisa produktif disamping kegiatan perkuliahan mereka. Mereka harus bisa mencari uang dengan jalan apapun, termasuk dengan mengikuti kegiatan seperti PKM. Tapi kalau pada akhirnya kegiatan ini dijadikan ajang pelarian bagi mahasiswa yang ingin meraup untung banyak dari dana penelitian dan melaksanakan penelitiannya dengan asal2an sehingga hasilnya tidak maksimal aku sangat tidak setuju! Mudah2an tidak ada mahasiswa seperti yang aku ceritakan di atas. Berkaryalah dan berkompetisilah kalian melalui berbagai ajang yang ada di dunia perkuliahan!!! Harumkan nama Universitas Negeri Malang!!! Ambillah medali emas PIMNAS yang belum pernah diraih oleh Universitas Negeri Malang!!!! 

1 komentar:

  1. keren gan,backgrounnya dpt dr mana ya??

    lagi bikin poster hasil penelitian

    BalasHapus