Rabu, 27 Juni 2012

PKM (PROGRAM KESEJAHTERAAN MAHASISWA) #Eeehhh ヽ(^◇^*)/

~Sekilas Tentang PKM

PKM merupakan kepanjangan dari Program Kreativitas Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti). PKM ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 2001. Setiap tahunnya Dikti memberikan kesempatan kepada jutaan mahasiswa di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui program PKM ini.


Tujuan diadakannya PKM ini pada dasarnya untuk meningkatkan kualitas peserta didik, yaitu mahasiswa di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian serta memperkaya budaya nasional. Ada beberapa kategori PKM yang dilaksanakan setiap tahunnya, diantaranya:

1. PKM Penelitian (PKMP)

2. PKM Pengabdian Mayarakat (PKMM)

3. PKM Kewirausahaan (PKMK)

4. PKM Teknologi (PKMT)

5. PKM Artikel Ilmiah (PKMAI)

6. PKM Gagasan Tertulis (PKMGT)

Kampusku (UM) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang setiap tahunnya berpartisipasi aktif mengikuti kegiatan ini. Setiap mahasiswa bisa mengajukan usulan atau proposal PKM untuk didanai Dirjen Dikti. Apabila proposal tersebut didanai, maka akan terbuka lebar kesempatan untuk mengikuti ajang PIMNAS yang mempertemukan calon2 peneliti/ilmuwan dari seluruh perguruan tinggi di wilayah Indonesia.. Aku sebelumnya memang belum pernah mengikuti kegiatan ini. Mungkin karena aku kurang info tentang adanya program ini. Setahun yang lalu aku mendapatkan beasiswa dimana setiap mahasiswa yang mendapatkan beasiswa diwajibkan mengikuti PKM. Ini kali pertama aku mengikutinya. Aku membentuk tim dengan mahasiswa lain yang juga mendapatkan beasiswa sama sepertiku.

"PENGARUH PERASAN DAUN Pistia stratiotes DALAM BERBAGAI KONSENTRASI TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI Echerichia coli DAN Staphylococcus aureus"

Yaaaa, itulah judul proposal penelitian PKM ku. Penelitian ini diketuai oleh temanku yang bernama Mamik. Singkatnya, penelitianku ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perasan daun Pistia atau lebih dikenal dengan kayu apu sebagai obat alternatif herbal untuk mengatasi penyakit diare yang diakibatkan oleh bakteri E.coli dan S.aureus. Kami mengajukan dana 10 juta rupiah. Beberapa bulan kemudian kami mendapat pengumuman bahwa proposal kami terpilih untuk didanai Dirjen Dikti. Alhamdulillah, kami mendapat dana sebesar 6,5 juta rupiah. Itu sudah cukup banyak bagi kami apalagi jka dikalkulasikan, biaya penelitian kami tidak mungkin sampai 6,5 juta. Pasti uang itu akan ada sisanya. *Harapan kami semua :) Tapi kami juga harus melaksanakan penelitian ini semaksimal mungkin dan tidak boleh asal2an saja.

Kami melaksanakan penelitian tersebut dengan sebaik mungkin. Kami ingin hasilnya pun juga maksimal sehingga kami bisa mengikuti ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional (PIMNAS) dimana ajang ini merupakan ajang bergengsi tingkat nasional yang mempertemukan calon2 peneliti/ilmuwan dari seluruh perguruan tinggi di wilayah Indonesia.

Dan benar saja. Uang PKM kami masih sisa lumayan banyak. Thanks to Dikti yang sudah menyejahterakan kami, meyejahterakan mahasiswa. Hehee.... Yapp, sekarang aku jadi tau dan sadar bahwa di samping obsesi untuk masuk PIMNAS, program PKM ini laris manis diikuti mahasisa dari berbagai jurusan karena iming2 uang sisa penelitian. Semakin banyak nominal dana yang kalian ajukan dalam proposal PKM dan semakin banyak dana yang disetujui oleh Dirjen Dikti, maka soo pasti akan semakin banyak pula sisa uang penelitian kalian. Tapi, itu berlaku hanya jika biaya penelitian yang kalian keluarkan sangat jauh di bawah nominal dana yang kalian ajukan. Baagguuuuuuss, busuk juga ternyata yaaa...??!! Hehe :D

Aku tiba2 beripikir bagaimana jika kepanjangan dari PKM itu bukan Program Kreativitas Mahasiswa, melainkan diganti saja dengan Program Kesejahteraan Mahasiswa. How???

At least, tidak semua mahasiswa berpikiran seperti itu. Masih banyak kok mahasiswa lain yang memanfaatkan dana penelitian itu dengan sebaik mungkin. Sooo sukses untuk PKM2 selanjutnya teman2... :))

Ada sedikit dokumentasi kegiatan PKM ku:)







1 komentar: